PENINGKATAN KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI KONSEP DAN METODE PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MESALINVA (MEDIA SALINDIA CANVA) DI SMA
Setiyani, Setiyani. 2023. ‘’Laporan Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Kompetensi Mengidentifikasi Konsep dan Metode Penghitungan Pendapatan Nasional Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mesalinva (Media Salindia Canva) di SMA Negeri 1 Kramat’’ Kata kunci: Canva, mengidentifikasi konsep pendapatan nasional, metode perhitungan pendapatan nasional, pembelajaran berbasis masalah, canva Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengidentifikasi konsep pendapatan nasional menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah berbantuan media salindia Canva di SMA Negeri 1 Kramat sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan peningkatan aktivitas dan hasil belajar materi konsep pendapatan nasional.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahapan siklus . Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 9 SMA Negeri 1 Kramat yang berjumlah 32 peserta didik. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila 75% peserta didik aktif terlibat dalam pembelajaran dan juga terjadi peningkatan hasil belajar pada tiap siklus melalui post test dan apabila 75% peserta didik dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah berbantuan media salindia Canva, pada prasiklus rata-rata hasil belajar peserta didik adaah 72,03 kemudian meningkat 6,17 dengan nilai rata-rata 78,2. Pada siklus II terdapat peningkatan 9,45 dengan nilai rata-rata siklus II 87,65. Saran yang direkomendasi adalah hendaknya guru memberikan pembelajaran sesuai minat dan karakteristik peserta didik. Pada kegiatan pembelajaran, dimunculkan beragam metode pembelajaran sehingga memicu ketertarikan peserta didik dalam mempelajari materi sehingga kompetensi yang diajarkan dapat tercapai dengan baik.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII TP 2023/2024
Berdasarkan hasil Rapat Pleno Kelulusan yang di laksanakan pada tanggal 6 Mei 2024, diumumkan kepada seluruh peserta didik kelas XII SMAN 1 Kramat TP 2023/2024 Bahwa peserta didik yang
Pak Sumarno Pensiun
Drs. Sumarno, M.M., Hari ini memasuki masa purna tugas. 60 tahun lalu, beliau berjuang untuk mencerdaskan bangsa, terutama anak-anak SMA Negeri 1 Kramat. Pensiunnya seorang guru adalah
Daftar Ulang PPDB 2023
Selamat kami ucapkan kepada Calon Peserta Didik (CPD) yang dinyatan diterima di SMA Negeri 1 kramat. CPD yang dinyatakan diterima di SMA Negeri 1 Kramat wajib melakukan Daftar Ulang pad
Menyusun Best Practices Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Mengedalikan Emosi
Menyusun Best Practices Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII TP 2022/2023
Berdasarkan hasil Rapat Pleno Kelulusan yang di laksanakan pada tanggal 3 Mei 2023, diumumkan kepada seluruh peserta didik kelas XII SMAN 1 Kramat TP 2022/2023 Bahwa peserta didik yang