• SMA Negeri 1 Kramat

  • Menuju Sekolah Adi Wiyata
  • Jl. Garuda No. 1a Bongkok

PENINGKATAN KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI KONSEP DAN METODE PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MESALINVA (MEDIA SALINDIA CANVA) DI SMA

Setiyani, Setiyani. 2023. ‘’Laporan Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Kompetensi Mengidentifikasi Konsep dan Metode Penghitungan Pendapatan Nasional Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mesalinva (Media Salindia Canva) di SMA Negeri 1 Kramat’’ Kata kunci: Canva, mengidentifikasi konsep pendapatan nasional, metode perhitungan pendapatan nasional, pembelajaran berbasis masalah, canva Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengidentifikasi konsep pendapatan nasional menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah berbantuan media salindia Canva di SMA Negeri 1 Kramat sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan peningkatan aktivitas dan hasil belajar materi konsep pendapatan nasional.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahapan siklus . Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 9 SMA Negeri 1 Kramat yang berjumlah 32 peserta didik. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila 75% peserta didik aktif terlibat dalam pembelajaran dan juga terjadi peningkatan hasil belajar pada tiap siklus melalui post test dan apabila 75% peserta didik dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah berbantuan media salindia Canva, pada prasiklus rata-rata hasil belajar peserta didik adaah 72,03 kemudian meningkat 6,17 dengan nilai rata-rata 78,2. Pada siklus II terdapat peningkatan 9,45 dengan nilai rata-rata siklus II 87,65. Saran yang direkomendasi adalah hendaknya guru memberikan pembelajaran sesuai minat dan karakteristik peserta didik. Pada kegiatan pembelajaran, dimunculkan beragam metode pembelajaran sehingga memicu ketertarikan peserta didik dalam mempelajari materi sehingga kompetensi yang diajarkan dapat tercapai dengan baik.

Klik Disini Untuk Melihat Artikel Secara Keseluruhan

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Laporan Penggunaan Dana BOS Reguler Tahap 1 Tahun 2025

 

25/07/2025 11:00 - Oleh Tim Redaksi
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2024/2025

Berdasarkan hasil Rapat Pleno Kelulusan yang di laksanakan pada tanggal 29 April 2025, diumumkan kepada seluruh Siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kramat Tahun Ajaran 2024/2025 Bahwa Siswa ya

05/05/2025 15:25 - Oleh Administrator
Keterbukaan Informasi Pengelolaan Dana BOSP Tahun 2022 dan 2023

https://drive.google.com/drive/folders/1VA8g9quWExk4oC9UcJcl1D_PhEQkvomM

02/05/2025 08:39 - Oleh Tim Redaksi
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII TP 2023/2024

Berdasarkan hasil Rapat Pleno Kelulusan yang di laksanakan pada tanggal 6 Mei 2024, diumumkan kepada seluruh peserta didik kelas XII SMAN 1 Kramat TP 2023/2024 Bahwa peserta didik yang

06/05/2024 12:12 - Oleh Administrator
Pak Sumarno Pensiun

Drs. Sumarno, M.M., Hari ini memasuki masa purna tugas. 60 tahun lalu, beliau berjuang untuk mencerdaskan bangsa, terutama anak-anak SMA Negeri 1 Kramat. Pensiunnya seorang guru adalah

02/05/2024 14:45 - Oleh Administrator