• SMA Negeri 1 Kramat

  • Menuju Sekolah Adi Wiyata
  • Jl. Garuda No. 1a Bongkok

Menyusun Best Practices   Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Mengedalikan Emosi

Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Mengedalikan Emosi

 

 

Lokasi

SMA Negeri 1 Kramat

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin dicapai

Siswa dapat mengelola emosi dengan baik

Penulis

Cicik Wijayanti, S.Pd

Tanggal

21 Januari 2019

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

1.    Konseli marah ketika di ingatkan guru mapel untuk mengumpulkan tugas

2.    Konseli marah jika teman mengingatkan untuk mengikuti kerja kelompok

3.    Konseli marah ketika ditanya kenapa orang tua tidak menghadiri acara parenting di sekolah

 

Kondisi tersebut juga disebabkan oleh orangtua yang kurang memberikan perhatian kepada anaknya.

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak siswa yang mengalami kondisi yang sama dan

Guru mapel kadang kurang mengerti dengan kondisi siswa yang bermasalah, sehingga praktik ini selain diharapkan dapat memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi rekan guru lain

 

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai guru BK mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses layanan secara efektif dengan menggunakan metode layanan yang tepat sehingga tujuan layanan dapat tercapai sesuai yang diharapkan

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan yang saya hadapi dalam pelaksanaan layanan ini adalah :

 

1. S i s w a m e r a s a m a s i h m a l u untuk menceritakan masalahnya.

 

 

2.    Pada saat proses konseling siswa masih merasa agak tidak percaya bahwa masalahnya akan bisa teratasi dengan konseling

3.    Siswa masih kurang percaya diri untuk untuk mengambil solusi atas masalah yang dialaminya.

4.    Proses konseling dilakukkan pada saat jam pelajaran

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah         yang       saya ambil      untuk        menghadapi tantangan-tantangan tersebut adalah sebagai berikut :

 

1.     Konselor     harus     bisa     meyakinkan      Konseli      untuk terbuka mengemukakan masalahnya.

2.     Konselor harus memberikan penguatan kepada Konseli bahwasanya tujuan konseling adalah untuk mengentaskan permasalahan.

3.     Konselor harus memberikan penguatan bahwasanya Konseli mampu membuat solusi untuk permasalahannya dengan bantuan Konselor

4.     Konselor meminta ijin kepada Guru Mapel yang mengampuh supaya Konseli bias diijinkan untuk mengikuti Konseling

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?

Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

1.    Dampak dari Konseling Individu diimplementasikan dalam bentuk perubahan tingkah laku Konseli yang dapat mengendalikan emosinya.

2.    Penggunaan Pendekatan Gestalt teknik Kursi Kosong membuat  Konseli  dapat  mengentaskan   permasalahan yang dialaminya yaitu pertentangan antara Top dog dan Under dog dengan tujuan mengakhiri konflik-konflik dengan jalan memutuskan urusan-urusan yang tidak selesai yang berasal dari masa lampau konseli.

 

Dalam proses Konseling berlangsung, dengan menggunakan pendekatan dan teknik tersebut respon dari lingkungan

 

 

sekitar yaitu dari Konseli, teman sejawat,Wali kelas dan Guru Pamong, Dosen memberikan respon positif diantaranya sebagai berikut :

1.    Konseli merasa senang dan lega dengan proses Konseling karena mereka dapat menceritakan masalah yang selama ini ada pada dirinya.

2.    Dari rekan sejawat dan Wali kelas : Sudah ada perubahan yang lebih baik pada diri Konseli.

3.    Dosen dan Guru Pamong : Proses konseling dapat berjalan dengan baik.

 

Faktor keberhasilan Konseling ini sangat ditentukan oleh proses konseling yang berjalan dengan baik karena konseli mau terbuka dengan menceritakan masalahnya dan mampu mengabil solusi dari permasalahannya, serta Konselor menggunakan pendekatan dan teknik yang tepat untuk masah yang ada pada Konselli, dan adanya perubahan perilaku pada diri Konseli

 

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan Guru BK harus bisa menggunakan pendekatan dan teknik yang tepat dalam memberikan layanan kkonseling.

 

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PELAKSANAKAN RENCANA AKSI 1

 

KELEBIHAN

KEKURANGAN

l  Guru BK mebiasakan diri untuk menggunakan pendekatan dan teknik yang tepat dalam konseling

l  Konseli terbuka dalam menceritakan masalahnya dan bisa mengambil solusi untuk permasalahannya

l  Adanya perubahan tingkahlaku pada diri konseli

l  Persiapan layanan yang kurang matang

l  Manajemen waktu layanan yang kurang baik

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII TP 2023/2024

Berdasarkan hasil Rapat Pleno Kelulusan yang di laksanakan pada tanggal 6 Mei 2024, diumumkan kepada seluruh peserta didik kelas XII SMAN 1 Kramat TP 2023/2024 Bahwa peserta didik yang

06/05/2024 12:12 - Oleh Administrator
Pak Sumarno Pensiun

Drs. Sumarno, M.M., Hari ini memasuki masa purna tugas. 60 tahun lalu, beliau berjuang untuk mencerdaskan bangsa, terutama anak-anak SMA Negeri 1 Kramat. Pensiunnya seorang guru adalah

02/05/2024 14:45 - Oleh Administrator
PENINGKATAN KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI KONSEP DAN METODE PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MESALINVA (MEDIA SALINDIA CANVA) DI SMA

Setiyani, Setiyani. 2023. ‘’Laporan Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Kompetensi Mengidentifikasi Konsep dan Metode Penghitungan Pendapatan Nasional Menggunaka

05/12/2023 10:11 - Oleh Tim Redaksi
Daftar Ulang PPDB 2023

Selamat kami ucapkan kepada Calon Peserta Didik (CPD) yang dinyatan diterima di SMA Negeri 1 kramat. CPD yang dinyatakan diterima di SMA Negeri 1 Kramat wajib melakukan Daftar Ulang pad

02/07/2023 12:00 - Oleh Administrator
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII TP 2022/2023

Berdasarkan hasil Rapat Pleno Kelulusan yang di laksanakan pada tanggal 3 Mei 2023, diumumkan kepada seluruh peserta didik kelas XII SMAN 1 Kramat TP 2022/2023 Bahwa peserta didik yang

04/05/2023 10:00 - Oleh Administrator